PENGUMUMAN

1. SDIT AL 'ASHR TERAKREDITASI "A"

2. SDIT AL 'ASHR MEMBUKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DAN PINDAHAN
TAHUN PELAJARAN 2024/2025

CUPLIKAN PUPOLER

Khataman Metode Qiroati SDIT Al Ashr ke-4

Sabtu tanggal 6 April 2013 yang lalu, bertempat di Aula Masjid Al Ashr, khataman Al Qur'an metode Qiroati kembali digelar oleh SDIT Al Ashr Citeureup Bogor untuk yang kesekian kalinya. Kegiatan rutin tiap tahun ini diselenggarakan dalam rangka mewisuda peserta didik yang telah LULUS dalam serangkaian tes dan ujian baca Qur'an dengan metode Qiroati yang diadakan oleh Biro Qiroati, baik tingkat daerah maupun Nasional di Ciputat Jakarta.

Berbeda dengan acara khataman Qiroati yang pertama, kedua dan ketiga yang selalu diselenggarakan berbarengan dengan acara perpisahan peserta didik kelas 6 SDIT Al Ashr, khataman tahun dilaksanakan tersendiri, terpisah dengan acara perpisahan.

Dalam acara kali ini SDIT Al Ashr mewisuda 11 peserta didik; kelas 6 : 5 anak, kelas 5, 1 anak, kelas 4, 4 anak, dan kelas 3, 1 anak. Tazkia Aanisa adalah wisudawan termuda, karena dia masih duduk di kelas 3. Berikut nama-nama peserta didik SDIT Al Ashr yang tahun ini diwisuda dan mendapat syahadah Qiroati, yaitu :
1.  Syahda Afallia Jasmine (6)
2.  Tazkia Aanisa (3)
3.  Shafiyyah Amatullah (4)
4.  Tsabitah Siti Azzahra (5)
5.  Siti Khoiriyah (6)
6.  Yasmina Luthfi Nur Fitriani (6)
7.  Siti Balqis (6)
8.  Asma Sabrina (6)
9.  Shinta Nurlia Rahmah (4)
10. Muhammad Hilmudin (4)
11. Zahra Azizah Fathin (4)

Dalam kesempatan ini, peserta didik wisudawan melakukan demonstrasi di panggung. Mereka membaca Al Qur'an dengan bacaan fasih, tartil dan sesuai hukum bacaannya kemudian menguraikan hukum bacaan yang terdapat di dalam ayat tersebut. Tidak hanya itu, mereka harus menjawab masing-masing delapan pertanyaan yang diajukan oleh penguji yaitu ustadz H. Akromuddin. Lebih serunya lagi, ustadz H. Akromuddin menantang para wisudawan dengan mempersilakan para hadirin untuk memberikan pertanyaan kepada wisudawan yang dikehendaki. Semua pertanyaan dari hadirin mampu pula dijawab dengan baik, hingga akhirnya para hadirin pun kagum, terharu, dan angkat jempol atas kemampuan peserta didik wisudawan SDIT Al Ashr ini dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan kemampuan membaca Al Qur'an, sehingga para hadirin tergugah hatinya untuk memberikan hadiah kepada para wisudawan, dan terkumpullah uang hadiah sebesar Rp 750.000,-

Dengan adanya wisuda ini, berarti anak-anak yang telah diwisuda tersebut berhak mendapat SYAHADAH atau sertifikat resmi dari Biro Qiroati, yang artinya anak-anak tersebut telah dinyatakan benar dalam membaca Al Quran, baik dari segi ilmu tajwid, makhrojul huruf, dan hukum-hukum bacaan yang terdapat di dalam Al Qur'an. Selain itu anak-anak yang bersertifikat tersebut juga sudah berhak untuk mengajarkan ilmunya kepada orang lain loh.. hebat kan..

Ayoo.. siapa tahun depan mau nyusul.. (Sodikin, S.Pd.I)


Tulisan Terkait Lainnya

1 komentar: